Pengenalan fungsi if… else…. elseif…

Dalam pemrograman terkadang kita dihadapkan dengan 2 kondisi dimana kita harus menyelesaikannya dengan bahasa pemrograman, kalo dalam bahasa sehari-hari mungkin mudah dalam mengungkapkannya, tapi dalam dunia pemrograman untuk melakukan percabangan itu memiliki prosedur sendiri yaitu menggunakan prosedur if… else… elseif…ya sama seperti bahasa pemrograman yang lainnya yang kita tahu, fungsi prosedur ini pasti kita semua udah pada tau deh gunanya buat apa, yaitu membuat percabangan dalam mebuat fungsi dalam pemrograman yang melibatkan 2 kondisi atau lebih sehingga menghasilkan sebuah output yang kita inginkan.

Dalam penerapannya fungsi prosedur if di tuliskan sebagai berikut:
if(kondisi)
{
         statemen
}
nah kondisi disini adalah hal yang akan di bandingkan atau dicabangkan, contohnya sebagai berikut
$a=1;
$b=2;
if($a<$b)
{
          echo “$a lebih kecil dari $b”;
}
dari scrip diatas kita membandingkan 2 buah bilangan yaitu $a yang berisi angka 1 dan $b yang berisi angka 2 dan isi dari kondisinya adalah $a<$b dalam pemrograman PHP kondisi if tidak dimunculkan hanya hasilnya saja, dari script diatas apabila dijalankan maka yang dihasilkan adalah sebagai berikut
1 lebih kecil dari 2
Begitulah fungsi dari posedur if…. selanjutnya adalah fungsi posedur else…. fungsi dari prosedur elsesendiri adalah lawan dari kondisi ifitu sendiri yang mengartikan hasil apabila nilai if tidak sesuai dengan kondisi yang dinginkan penulisan dari else sendiri setelah prosedur if selesai
if(kondisi)
{
          statemen/baris kode
}
else
{
          statemen/baris kode
}
fungsi else selalu berada di bawah fungsi if  yang menandakan bahwa ia adalah kebalikan dari hasil if contohnya sebagai berikut:
$a=1;
$b=2;
if($a<$b)
{
          echo “$a lebih kecil dari $b<br>”;
}
else
{
          echo “$b lebih besar dari $a”;
}
dari script diatas maka dapat dihasilkan print out di web browser kalian ketika di jalankan adalah sebagai berikut:
1 lebih kecil dari 2
2 lebih besar dari 1
selanjutnya adalah fungsi elseif… fungsi ini sama seperti fungsi if… else… hanya saja perbedaannya apabila fugsi if… else…hanya membandingkan dan memproses 2 buah kondisi saja maka berbeda dengan fungsi elseif…fungsi ini dapat membandingkan lebih dari 2 kondisi sesuai dengan yang kita inginkan, contoh penulisannya adalah sebagai berikut:
<?php
if ($a > $b) {
    echo "a lebih besar dari b";
} elseif ($a == $b) {
    echo "a sama dengan b";
} else {
    echo "a lebih kecil b";
}
?>
Demikianlah pembahasan daripada fungsi if.. else.. elseif…semoga saja bergunadan bermanfaat dalam pembelajaran dari kawan2 semua.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama